Cara Mudah Menghitung Biaya Bangun Rumah secara Akurat

on

|

views

and

comments

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang menjadi impian bagi banyak orang. Namun, membangun rumah juga bukan perkara mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya biaya. Biaya untuk membangun rumah bisa dibilang tidak sedikit. Lalu, bagaimana cara memperkirakan biaya bangun rumah yang akurat? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Dalam membangun sebuah rumah, ada beragam biaya yang perlu Anda pertimbangkan, mulai dari biaya desain rumah, biaya tukang, biaya bahan bangunan, dan biaya perabotan. Semua biaya tersebut perlu dihitung dan dipertimbangkan dengan matang agar saat pembangunan berjalan lancar sesuai harapan dan tidak terkendala biaya yang kurang.

Cara Hitung Per Bagian

Salah satu cara yang cukup sering digunakan dalam menghitung biaya bangun rumah adalah menghitung biaya per bagian. Berikut rincian cara menghitungnya.

Biaya Beli Tanah

Lokasi tanah sangat menentukan total bujet yang akan Anda keluarkan untuk membangun sebuah rumah. Jika bujet Anda berlebih, silakan memilih lokasi tanah yang sesuai dengan keinginan Anda. Namun, jika bujet Anda minimal, sebaiknya pertimbangkan lokasi tanah yang tidak terlalu strategis untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Cari info harga tanah di lokasi yang Anda inginkan, apakah harganya dihitung per meter atau per ru. Sebagian daerah sudah menggunakan hitungan harga per meter persegi, tetapi ada juga daerah yang masih menggunakan hitungan ru atau setara dengan 14 meter persegi. Anda tinggal mengalikan jumlah luas tanah dengan harga wajar daerah sekitar.

Biaya Fondasi Rumah

Biaya membangun fondasi rumah termasuk biaya yang harus dicermati dengan teliti karena fondasi merupakan bagian rumah yang harus dibangun dengan baik dan kokoh. Berikut cara mudah menghitungnya: ((penampang atas + penampang bawah)/2) x tinggi fondasi.

Biaya Material Bangunan Dinding

Cara mudah menghitung biaya bangun rumah adalah dengan menghitung kebutuhan batu bata, pasir, semen, dan paku. Secara umum, kebutuhan batu bata untuk setiap meter persegi dinding bangunan adalah 90 buah. Jadi Anda tinggal mengalikan berapa tipe luas rumah yang Anda inginkan dengan 90, lalu tambahkan beberapa buah sebagai bata cadangan. Selanjutnya, Anda tinggal mengalikannya dengan harga bata per buahnya.

Selanjutnya, perkirakan biaya semen yang dibutuhkan. Untuk bangunan tipe 36 diperlukan sekitar 90 sak semen. Anda tinggal mengalikannya dengan harga semen yang berlaku saat Anda melakukan pembangunan.

Material bangunan berikutnya yang perlu dihitung adalah pasir. Untuk rumah dengan luas 36 meter persegi, Anda membutuhkan sekitar 20 meter kubik pasir. Selanjutnya, Anda tinggal mengalikan biaya per meter kubik dengan total pasir yang dibutuhkan.

Material berikutnya yang tidak cukup terlihat jelas, tetapi penting untuk dihitung adalah biaya paku dan kerikil. Estimasi untuk kebutuhan kerikil adalah 1 meter kubik untuk rumah tipe 36. Sedangkan untuk kebutuhan paku, Anda bisa menanyakan kepada tukang Anda. Akan tetapi, biaya paku ini tidak sebanyak material lainnya, jadi Anda bisa menghitungnya sembari proses pembangunan berlangsung.

Biaya Atap

Estimasi biaya bangun rumah bagian atap yang dibutuhkan tergantung jenis atap yang digunakan. Jika menggunakan genting, perkiraan kebutuhannya dengan cara berikut: ukur panjang x lebar, tambahkan 1 meter untuk panjang dan lebar tersebut lalu kalikan 35. Sementara, jika atap yang digunakan adalah seng, untuk rumah tipe 36 diperkirakan membutuhkan sekitar 40 lembar. Selanjutnya, hitung harga genting atau seng sesuai kebutuhan.

Biaya Kosen dan Jendela

Perkirakan jumlah kosen dan jendela yang Anda inginkan ada di rumah Anda. Secara umum, untuk rumah tipe 36 diperlukan 4 kosen dan 4 jendela. Anda tinggal mengalikannya dengan harga jendela dan kosen yang berlaku saat Anda melakukan pembangunan.

Biaya Tukang

Biaya tukang tergolong biaya bangun rumah yang cukup besar. Anda sebaiknya memutuskan sejak awal apakah menggunakan upah harian atau borongan. Harga upah tukang dan kuli bisa berbeda tiap daerah.

Cara Hitung per Meter

Selain menghitung biaya bangun rumah secara per bagian, Anda bisa menghitung estimasi biaya membangun rumah secara per meter. Kisaran harga per meter saat ini antara Rp2.500.000,00 hingga Rp5.000.000,00. Anda tinggal mengalikannya dengan luas bangunan yang Anda rencanakan.

Demikian cara menghitung biaya bangun rumah yang mudah dan akurat. Semoga bermanfaat.

Share this
Tags

Must-read

Tips Membeli Rumah Subsidi Lengkap dengan Persyaratannya

Rumah subsidi merupakan program yang diberikan pemerintah kepada masyarakat untuk memiliki hunian dengan bujet minimal. Simak cara mengajukannya!

Simak Keuntungan dan Kerugian Investasi Rumah Sewa

Bisnis rumah sewa merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Simak keuntungan dan kerugian investasi sewa rumah secara lengkap di sini!

5 Situs Jual Beli Rumah Terbaik dan Tepercaya di Indonesia

Kini jual beli rumah kian mudah dan praktis. Ada beragam situs jual beli rumah terbaik dan tepercaya di Indonesia yang memudahkan Anda jual beli rumah.
spot_img

Recent articles

More like this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here