Home Blog

Tips Membeli Rumah Subsidi Lengkap dengan Persyaratannya

0
Tips Membeli Rumah Subsidi Lengkap dengan Persyaratannya
Tips Membeli Rumah Subsidi Lengkap dengan Persyaratannya

Memiliki rumah tentu menjadi impian bagi banyak orang. Sayangnya, kian hari harga rumah dan tanah kian meroket. Oleh karena itu, sejak tahun 2010 pemerintah mengeluarkan program KPR subsidi yang dikenal dengan sebutan FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembangunan Perumahan). Program pembiayaan rumah subsidi ini ditujukan bagi masyarakat dengan kemampuan finansial menengah ke bawah. Lalu apa saja syarat untuk mendapatkannya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Persyaratan Memiliki Rumah Subsidi

Untuk bisa memiliki rumah subsidi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu:

Usia dan Kewarganegaraan

Program pembiayaan rumah subsidi atau FLPP hanya berlaku bagi warga negara Indonesia dan berusia minimal 21 tahun atau telah menikah.

Belum Memiliki Rumah

Syarat kepemilikan rumah subsidi berikutnya adalah belum memiliki rumah tinggal. Hal ini sejalan dengan tujuan program FLPP, yaitu membantu masyarakat menengah ke bawah untuk memiliki

Pendapatan Kurang dari 8 Juta per Bulan

Persyaratan utama untuk bisa mendapatkan rumah subsidi adalah besaran gaji pemohon kurang dari 8 juta rupiah per bulan.

Masa Kerja Lebih dari 1 Tahun

Pemohon KPR rumah subsidi juga harus memiliki masa kerja minimal 1 tahun untuk bisa mengajukan pendanaan rumah.

Punya NPWP dan SPT

Syarat kepemilikan rumah subsidi berikutnya adalah pemohon harus mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan memiliki Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak. Hal ini akan memudahkan proses pengurusan berkas pengajuan KPR bersubsidi.

Cara Mengajukan KPR Rumah Subsidi

Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, selanjutnya adalah menyiapkan dokumen persyaratan. Ada beberapa berkas yang harus disiapkan untuk mengajukan KPR rumah subsidi, yaitu:

Mengisi Formulir Pengajuan

Langkah pertama untuk mengajukan KPR adalah mengisi formulir pengajuan yang dilengkapi dengan foto terbaru pemohon dan pasangan.

Menyiapkan Salinan Kartu Identitas

Dokumen lain yang perlu Anda siapkan adalah salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan surat nikah.

Menyiapkan Berkas Slip Gaji Terakhir

Dokumen lain yang tidak kalah penting untuk memudahkan diterimanya pengajuan KPR subsidi adalah slip gaji terakhir. Jika tidak memiliki slip gaji, bisa diganti dengan surat keterangan penghasilan.

Menyiapkan Salinan NPWP

Siapkan juga salinan kartu NPWP. Hal ini akan membantu mempermudah pengurusan pengajuan KPR

Menyiapkan Berkas Permohonan bagi Pemohon Wiraswasta

Bagi pemohon wiraswasta harap menyiapkan berkas Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan surat keterangan domisili. Selain itu lampirkan juga salinan laporan keuangan selama 3 bulan terakhir.

Menyiapkan Berkas Permohonan bagi Pemohon Profesional

Bagi pemohon yang bekerja sebagai professional, seperti perawat, dokter, bidan, apoteker dan profesional lainnya, harap menyiapkan salinan surat ijin praktik untuk kelengkapan berkas pengajuan.

Tips Memilih dan Membeli Rumah Bersubsidi

Saat ini, penawaran rumah subsidi cukup banyak. Oleh karena itu, Anda perlu mencermatinya dengan teliti agar mendapatkan rumah subsidi yang bagus dan berkualitas. Berikut tips memilih rumah bersubsidi.

Cermati Rumah Contoh

Sebelum Anda memutuskan membeli sebuah rumah subsidi, sebaiknya Anda melihat secara cermat terlebih dahulu rumah contoh yang disediakan oleh developer. Dari rumah contoh tersebut, Anda akan mendapatkan gambaran tentang desain dan kualitas bangunan rumah subsidi yang Anda minati.

Amati Spesifikasi Material Bangunan

Dalam penawaran perumahan, developer biasanya sudah menyertakan spesifikasi material bangunan yang digunakan. Tanyakan secara jelas tentang material bangunan ini karena sangat berpengaruh pada kualitas dan kekuatan bangunan.

Cari Tahu Rekam Jejak Developer

Hal yang tidak kalah penting dalam membeli rumah subsidi adalah melihat rekam jejak developer. Hal ini penting karena tidak sedikit rumah subsidi yang dibangun asal-asalan oleh developer yang kurang bertanggung jawab. Namun, ada juga rumah subsidi yang dibangun dengan bagus oleh pengembang yang kredibel.

Perhatikan Lokasi

Lokasi perumahan bersubsidi juga harus Anda perhitungkan dengan baik. Kemudahan akses ke berbagai tempat dan fasilitas umum serta keamanan wilayah sekitar perumahan merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Cermati Metode Pembayaran yang Tersedia

Tanyakan pada pengembang perumahan skema pembayaran yang tersedia. Sebagian besar rumah subsidi dibeli dengan kredit FLPP dari pemerintah. Namun, ada juga yang membeli secara tunai dengan sistem tenor kepada developer.

Demikian tips membeli rumah subsidi lengkap dengan persyaratannya. Semoga bermanfaat.

Simak Keuntungan dan Kerugian Investasi Rumah Sewa

0
Simak Keuntungan dan Kerugian Investasi Rumah Sewa
Simak Keuntungan dan Kerugian Investasi Rumah Sewa

Memiliki unit properti yang menganggur? Anda bisa memanfaatkannya untuk bisnis rumah sewa. Rumah sewa kian hari kian diminati karena kebutuhan hunian selalu ada, sementara harga tanah dan rumah makin melambung setiap tahunnya. Tertarik untuk mencoba bisnis rumah sewa? Yuk, simak keuntungan dan kerugian investasi berupa rumah sewa berikut ini.

Keuntungan Investasi Rumah Sewa

Banyak Peminat

Tidak bisa dimungkiri rumah merupakan salah satu kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi, sayangnya harga rumah kian hari kian meroket. Oleh karena itu, tidak heran jika rumah sewa selalu banyak diminati hingga saat ini. Belum lagi, para pegawai yang tugasnya sering mengalami mutasi wilayah kerja, tentu membutuhkan rumah sewa untuk hunian mereka.

Passive Income

Bisnis rumah sewa juga dapat memberikan passive income yang menjanjikan. Daripada rumah Anda terbengkalai, lebih baik rumah disewakan dan dapat memberikan pendapatan ekstra bagi Anda. Selain itu, menjalankan usaha ini juga tidak memerlukan keahlian khusus, sangat praktis, dan mudah dijalankan.

Harga Sewa Relatif Naik per Tahunnya

Harga sewa rumah  juga relatif naik dari tahun ke tahun. Hal ini mengikuti kenaikan harga properti yang hampir selalu naik juga setiap tahunnya.

Tidak Menanggung Biaya Listrik dan Perawatan Rumah

Keuntungan lain menjalankan bisnis rumah sewa adalah Anda tidak perlu menanggung biaya listrik dan perawatan rumah. Ya, perawatan rumah yang tidak terlalu besar biasanya menjadi tanggung jawab penyewa.

Dapat Dijadikan Agunan

Keuntungan lain menjalankan bisnis kontrakan atau rumah sewa adalah unit properti dapat dijadikan agunan untuk peminjaman dana di bank. Barangkali saja, Anda membutuhkan tambahan dana untuk bisnis Anda lainnya.

Kerugian Investasi Rumah Sewa

Selain beragam keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis rumah sewa, ada beberapa kekurangan atau kerugian yang perlu Anda pertimbangkan dengan baik.

Ada Risiko Rumah Tidak Terawat

Tidak semua penyewa memiliki tingkat kebersihan dan kemampuan merawat rumah dengan baik. Beruntung jika Anda mendapat penyewa yang suka kebersihan dan merawat rumah Anda dengan baik, tetapi ada juga kasus rumah sewa yang menjadi rusak karena penyewa tidak merawat rumah sewanya dengan baik.

Ada Risiko Digunakan untuk Hal Negatif

Ada banyak berita yang mewartakan adanya hal yang tidak boleh dilakukan secara norma dan hukum yang sering kali dilakukan di rumah sewa. Hal ini merupakan salah satu risiko yang patut diwaspadai oleh para pemilik unit properti yang disewakan.

Pemilik Tidak Leluasa untuk Mengatur dan Mengawasi

Pemilik rumah yang disewakan juga tidak memiliki keleluasaan untuk mengatur dan mengawasi rumahnya. Hal ini berbeda dengan pemilik kos yang masih memiliki akses yang lebih leluasa untuk mengatur dan mengawasi rumahnya.

Jangka Sewa Relatif Pendek

Rumah yang disewakan biasanya disewa dalam jangka waktu yang relatif pendek. Rerata jangka waktu sewa rumah yaitu 1 hingga 2 tahun.

Tips Menyewakan Rumah

Mengingat adanya beragam potensi kerugian yang mungkin terjadi saat rumah disewakan, maka sebagai pemilik rumah sewa, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut untuk mengurangi risiko tersebut.

Buat Perjanjian yang Jelas

Sebelum memberikan kunci rumah kepada penyewa, sebaiknya Anda dan penyewa menyepakati surat perjanjian yang berisi tentang hak dan kewajiban penyewa dan hal yang tidak boleh dilakukan. Berikan klausul larangan melakukan hal-hal yang melanggar hukum dan norma yang berlaku di masyarakat. Selain itu, jangan lupa masukkan pasal tentang perawatan rumah untuk memastikan rumah Anda terawat dengan baik selama masa sewa.

Pembayaran di Awal

Minta penyewa untuk melakukan pembayaran di awal, sebelum atau saat serah terima kunci. Hal ini untuk mengurangi risiko penyewa kabur di tengah masa sewa dan belum membayar biaya sewanya.

Seleksi Penyewa dengan Cermat

Jangan lupa untuk menyeleksi calon penyewa rumah dengan cermat. Teliti latar belakang pekerjaan, alamat sebelumnya, aktivitas hariannya, dan kebenaran identitas yang diberikan. Hal ini untuk mengurangi risiko Anda bertemu dengan penyewa yang tidak bertanggung jawab sehingga meminimalkan penyewa untuk melakukan hal yang tidak boleh dilakukan secara hukum maupun norma masyarakat.

Demikian ulasan tentang keuntungan dan kerugian investasi rumah sewa. Semoga bermanfaat.

5 Situs Jual Beli Rumah Terbaik dan Tepercaya di Indonesia

0
realtor, real estate, house-5809182.jpg

Perkembangan teknologi memberikan beragam kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah proses jual beli. Dahulu sebelum internet berkembang, rasanya sulit sekali mendapatkan informasi tentang rumah atau tanah yang dijual. Untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak tentang properti yang dijual, biasanya seseorang harus melewati makelar dan ada biaya untuk menggunakan jasa mereka. Namun kini, dengan pesatnya perkembangan teknologi, berbagai situs jual beli rumah hadir untuk memudahkan proses transaksi jual beli rumah.

Melalui situs tersebut, penjual dapat dengan mudah menawarkan properti yang ingin mereka jual dengan mengunggah foto dan keterangan yang lengkap. Sementara, pembeli dapat dengan mudah memperoleh informasi tentang beragam penawaran properti yang dijual atau disewakan hanya dengan berselancar di berbagai situs tersebut.

Saat ini, banyak situs jual beli rumah yang berkembang. Berikut daftar situs jual beli rumah yang terbaik dan tepercaya di Indonesia.

OLX

OLX merupakan salah satu situs jual beli rumah dan properti yang sudah populer sejak lama. Sebelumnya situs ini bernama Tokobagus, tetapi semenjak 2014 berubah nama menjadi OLX. Situs ini sangat mudah digunakan dan user friendly. Sebenarnya tidak hanya properti yang dapat dijual di OLX, penawaran tanah, rumah, apartemen juga termasuk produk dominan yang ditawarkan.

Di OLX, Anda dapat menemukan penawaran properti yang dijual berdasarkan area atau lokasi terdekat dengan lokasi Anda saat ini. Anda juga dapat memilah pencarian berdasarkan kategori maupun berdasarkan kategori dijual atau disewakan. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh pembeli maupun penjual, tidak ada biaya yang dibebankan untuk penggunanya, kecuali pengguna memilih untuk menggunakan fasilitas iklan yang ditawarkan.

Rumah.com

Rumah.com merupakan situs jual beli rumah yang mengkhususkan diri menjadi laman yang menawarkan properti. Situs ini menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia. Rumah.com juga sangat user friendly, mudah digunakan dan informatif. Di laman ini, Anda juga bisa mendapatkan beragam artikel menarik dan tips tentang properti.

Kelebihan lain dari rumah.com adalah tersedianya fitur video dan tur virtual yang memudahkan pembeli untuk melihat secara jelas rumah yang diinginkan. Tak heran jika situs ini menjadi situs jual beli rumah paling besar di Asia Tenggara.

Rumah123.com

Rumah123.com merupakan salah satu situs jual beli rumah yang populer di Indonesia. Di situs ini, Anda bisa mendapatkan informasi tentang properti yang dijual atau disewakan. Selain itu, Anda juga dapat menyaring pencarian berdasarkan daftar properti baru, berdasarkan nama agen, atau berdasarkan lokasi dan nama unit properti.

Di situs ini, juga tersedia simulasi perhitungan kemampuan cicilan KPR yang memudahkan pengunjung untuk memperkirakan kebutuhan dana untuk properti yang mereka inginkan. Situs ini juga dilengkapi berbagai info menarik seputar tips dan trik serta berita populer di bidang properti.

99.co

Situs jual beli rumah berikutnya yang tergolong kredibel dan tepercaya adalah 99.co. Situs ini memiliki interface yang simple dan mudah digunakan. Anda dapat melakukan pencarian properti berdasarkan lokasi, harga minimal, harga maksimal, jumlah kamar, dan jumlah kamar mandi dengan mudah.

Situs ini juga menyediakan fitur tambahan menarik berupa kalkulator KPR, panduan mengajukan KPR, dan fitur mengajukan KPR ke berbagai bank. Selain itu, situs ini juga menyediakan blog 99.co yang berisi beragam informasi menarik seputar home living, properti, dan gaya hidup.

Jendela360.com

Jendela360.com merupakan situs jual beli rumah yang tergolong populer di Indonesia. Di situs ini, tersedia pilihan filter pencarian rumah, apartemen, ruko, tanah, kantor, gudang, dan ruang usaha. Namun, listing terbanyak di situs ini adalah apartemen, baik yang dijual maupun disewakan. Terdapat lebih dari 8000 unit apartemen yang terdaftar di situs ini. Jadi, jika Anda tertarik untuk transaksi jual beli apartemen, situs ini bisa jadi referensi akurat.

Demikian ulasan tentang daftar situs jual beli rumah terbaik dan tepercaya di Indonesia. Semoga memudahkan Anda dalam menjual maupun mendapatkan properti impian Anda.

Cara Mudah Menghitung Biaya Bangun Rumah secara Akurat

0
planning, housebuilding, pre-project-3536753.jpg

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang menjadi impian bagi banyak orang. Namun, membangun rumah juga bukan perkara mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya biaya. Biaya untuk membangun rumah bisa dibilang tidak sedikit. Lalu, bagaimana cara memperkirakan biaya bangun rumah yang akurat? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Dalam membangun sebuah rumah, ada beragam biaya yang perlu Anda pertimbangkan, mulai dari biaya desain rumah, biaya tukang, biaya bahan bangunan, dan biaya perabotan. Semua biaya tersebut perlu dihitung dan dipertimbangkan dengan matang agar saat pembangunan berjalan lancar sesuai harapan dan tidak terkendala biaya yang kurang.

Cara Hitung Per Bagian

Salah satu cara yang cukup sering digunakan dalam menghitung biaya bangun rumah adalah menghitung biaya per bagian. Berikut rincian cara menghitungnya.

Biaya Beli Tanah

Lokasi tanah sangat menentukan total bujet yang akan Anda keluarkan untuk membangun sebuah rumah. Jika bujet Anda berlebih, silakan memilih lokasi tanah yang sesuai dengan keinginan Anda. Namun, jika bujet Anda minimal, sebaiknya pertimbangkan lokasi tanah yang tidak terlalu strategis untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Cari info harga tanah di lokasi yang Anda inginkan, apakah harganya dihitung per meter atau per ru. Sebagian daerah sudah menggunakan hitungan harga per meter persegi, tetapi ada juga daerah yang masih menggunakan hitungan ru atau setara dengan 14 meter persegi. Anda tinggal mengalikan jumlah luas tanah dengan harga wajar daerah sekitar.

Biaya Fondasi Rumah

Biaya membangun fondasi rumah termasuk biaya yang harus dicermati dengan teliti karena fondasi merupakan bagian rumah yang harus dibangun dengan baik dan kokoh. Berikut cara mudah menghitungnya: ((penampang atas + penampang bawah)/2) x tinggi fondasi.

Biaya Material Bangunan Dinding

Cara mudah menghitung biaya bangun rumah adalah dengan menghitung kebutuhan batu bata, pasir, semen, dan paku. Secara umum, kebutuhan batu bata untuk setiap meter persegi dinding bangunan adalah 90 buah. Jadi Anda tinggal mengalikan berapa tipe luas rumah yang Anda inginkan dengan 90, lalu tambahkan beberapa buah sebagai bata cadangan. Selanjutnya, Anda tinggal mengalikannya dengan harga bata per buahnya.

Selanjutnya, perkirakan biaya semen yang dibutuhkan. Untuk bangunan tipe 36 diperlukan sekitar 90 sak semen. Anda tinggal mengalikannya dengan harga semen yang berlaku saat Anda melakukan pembangunan.

Material bangunan berikutnya yang perlu dihitung adalah pasir. Untuk rumah dengan luas 36 meter persegi, Anda membutuhkan sekitar 20 meter kubik pasir. Selanjutnya, Anda tinggal mengalikan biaya per meter kubik dengan total pasir yang dibutuhkan.

Material berikutnya yang tidak cukup terlihat jelas, tetapi penting untuk dihitung adalah biaya paku dan kerikil. Estimasi untuk kebutuhan kerikil adalah 1 meter kubik untuk rumah tipe 36. Sedangkan untuk kebutuhan paku, Anda bisa menanyakan kepada tukang Anda. Akan tetapi, biaya paku ini tidak sebanyak material lainnya, jadi Anda bisa menghitungnya sembari proses pembangunan berlangsung.

Biaya Atap

Estimasi biaya bangun rumah bagian atap yang dibutuhkan tergantung jenis atap yang digunakan. Jika menggunakan genting, perkiraan kebutuhannya dengan cara berikut: ukur panjang x lebar, tambahkan 1 meter untuk panjang dan lebar tersebut lalu kalikan 35. Sementara, jika atap yang digunakan adalah seng, untuk rumah tipe 36 diperkirakan membutuhkan sekitar 40 lembar. Selanjutnya, hitung harga genting atau seng sesuai kebutuhan.

Biaya Kosen dan Jendela

Perkirakan jumlah kosen dan jendela yang Anda inginkan ada di rumah Anda. Secara umum, untuk rumah tipe 36 diperlukan 4 kosen dan 4 jendela. Anda tinggal mengalikannya dengan harga jendela dan kosen yang berlaku saat Anda melakukan pembangunan.

Biaya Tukang

Biaya tukang tergolong biaya bangun rumah yang cukup besar. Anda sebaiknya memutuskan sejak awal apakah menggunakan upah harian atau borongan. Harga upah tukang dan kuli bisa berbeda tiap daerah.

Cara Hitung per Meter

Selain menghitung biaya bangun rumah secara per bagian, Anda bisa menghitung estimasi biaya membangun rumah secara per meter. Kisaran harga per meter saat ini antara Rp2.500.000,00 hingga Rp5.000.000,00. Anda tinggal mengalikannya dengan luas bangunan yang Anda rencanakan.

Demikian cara menghitung biaya bangun rumah yang mudah dan akurat. Semoga bermanfaat.

Tips membangun Rumah Kos yang Bagus dan Menguntungkan

0
town, buildings, houses-2430571.jpg

Investasi di bidang properti memang tidak ada matinya. Investasi jenis ini bisa dibilang menjanjikan karena harganya cenderung naik dari tahun ke tahun. Tidak hanya bisnis jual beli rumah dan tanah yang menguntungkan, bisnis rumah sewa atau rumah kos juga terbilang sangat menjanjikan.

Keuntungan Bisnis Rumah Kos

Bisnis rumah kos kini makin banyak diminati karena memberikan keuntungan berupa passive income yang cukup menggiurkan. Selain itu, ada banyak keuntungan memiliki investasi rumah kos seperti berikut ini.

Operasional Cukup Mudah

Salah satu keuntungan bisnis rumah kos adalah operasional yang cukup mudah. Anda tidak perlu memusingkan manajemen kos jika Anda baru menyewakan beberapa kamar saja. Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan kamar yang bersih dan nyaman, menentukan harga sewa yang sesuai, dan memastikan keamanan dan kebersihan kos.

Return of Investment (ROI) Cepat

Bisnis rumah kos juga banyak dilirik para pelaku bisnis karena dapat memberikan pengembalian modal atau Return of Investment (ROI) yang terbilang cepat dan pasti. Apalagi jika rumah kos yang Anda sewakan berada di lokasi yang strategis, harga sewanya bisa lebih tinggi dan modal Anda akan cepat kembali.

Banyak Peminat

Kamar kos selalu banyak peminatnya. Kenapa? Karena praktis. Apalagi jika masih berstatus mahasiswa atau pegawai yang belum berkeluarga, pengguna tidak perlu memikirkan iuran kebersihan, iuran RT/RW, atau undangan warga. Hal ini berbeda jika mereka memilih sewa rumah di perkampungan atau kompleks perumahan. Ada banyak biaya tambahan yang mungkin tidak terduga.

Dapat Dikembangkan ke Bisnis Lain

Selain menyewakan kamar kos, pemilik kos juga dapat mengembangkan usahanya ke bisnis lain. Contohnya adalah toko kecil yang menyediakan sembako dan bahan kebutuhan sehari-hari yang mungkin dibutuhkan penghuni kos, bisnis air minum kemasan dan isi ulang air minum, pulsa, atau catering.

Cash flow yang Menggiurkan

Bisnis rumah kos juga dapat memberikan aliran kas yang cukup menggiurkan. Setiap bulan Anda bisa mendapatkan pendapatan ekstra yang cukup lumayan.

Anda Dapat Mengontrol Properti Seutuhnya

Keuntungan lain bisnis kos yaitu kemudahan mengontrol properti Anda seutuhnya. Anda masih bisa mengatur sepenuhnya segala hal yang ada di dalam rumah kos. Hal ini akan berbeda jika Anda menyewakan rumah Anda, sebelum masa sewa habis Anda tidak bisa dengan mudah mengawasi atau mengatur rumah yang Anda sewakan kepada pihak atau keluarga lain.

Kekurangan Bisnis Rumah Kos

Dibalik beragam keuntungan yang ada, bisnis rumah kos juga memiliki sedikit kekurangan yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

Modal yang Lumayan Besar

Salah satu kekurangan yang cukup sering menjadi kendala untuk memulai bisnis kos adalah modal yang dibutuhkan lumayan besar. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini jika modal Anda terbatas yaitu dengan mengajukan pembiayaan ke bank, atau bekerja sama patungan dengan rekan atau saudara.

Perlunya Aturan dan Pengawasan yang Tegas

Anda perlu menerapkan aturan dan pengawasan yang tegas di dalam rumah kosAnda. Hal ini untuk  mencegah dan mengurangi risiko adanya penghuni kos yang melakukan tindakan kriminal seperti penyalahgunaan napza atau prostitusi.

Waspadai Pencurian dan Tindak Kriminal Lainnya

Anda juga perlu waspada terhadap pencurian, perampokan, atau tindakan kriminal lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu melengkapi rumah kos Anda dengan CCTV dan memastikan keamanan di sekitar lingkungan rumah kos.

Tips Membangun Rumah Kos yang Bagus dan Menguntungkan

Agar bisnis rumah kos Anda berjalan lancar, Anda perlu mempertimbangkan tips membangun rumah kos berikut ini.

Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi strategis adalah kunci. Lokasi rumah kos yang strategis, dekat dengan beragam fasilitas umum, jalan besar dan kampus bernilai sewa lebih mahal.

Rencanakan Tipe Kamar yang Disewakan

Rencanakan tipe kamar yang akan Anda sewakan, apakah kamar mandi dalam atau luar. Tentukan pula target utamanya, apakah golongan menengah ke atas, atau sebaliknya. Hal ini akan memengaruhi pengaturan kamar dan perabotan yang ada di dalamnya.

Gunakan Token Listrik Tiap Kamar

Menggunakan token listrik tiap kamar dapat membuat penghuni kos lebih bertanggung jawab terhadap listrik yang digunakan.

Sediakan Parkir yang Memadai

Jangan lupa menyediakan parkir yang memadai karena kemudahan parkir merupakan salah satu faktor penting yang sering kali menjadi pertimbangan para calon penghuni kos.

Demikian ulasan tentang tips membangun rumah kos yang bagus dan menguntungkan. Semoga bermanfaat.