Tips Membeli Rumah Subsidi Lengkap dengan Persyaratannya

on

|

views

and

comments

Memiliki rumah tentu menjadi impian bagi banyak orang. Sayangnya, kian hari harga rumah dan tanah kian meroket. Oleh karena itu, sejak tahun 2010 pemerintah mengeluarkan program KPR subsidi yang dikenal dengan sebutan FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembangunan Perumahan). Program pembiayaan rumah subsidi ini ditujukan bagi masyarakat dengan kemampuan finansial menengah ke bawah. Lalu apa saja syarat untuk mendapatkannya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Persyaratan Memiliki Rumah Subsidi

Untuk bisa memiliki rumah subsidi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu:

Usia dan Kewarganegaraan

Program pembiayaan rumah subsidi atau FLPP hanya berlaku bagi warga negara Indonesia dan berusia minimal 21 tahun atau telah menikah.

Belum Memiliki Rumah

Syarat kepemilikan rumah subsidi berikutnya adalah belum memiliki rumah tinggal. Hal ini sejalan dengan tujuan program FLPP, yaitu membantu masyarakat menengah ke bawah untuk memiliki

Pendapatan Kurang dari 8 Juta per Bulan

Persyaratan utama untuk bisa mendapatkan rumah subsidi adalah besaran gaji pemohon kurang dari 8 juta rupiah per bulan.

Masa Kerja Lebih dari 1 Tahun

Pemohon KPR rumah subsidi juga harus memiliki masa kerja minimal 1 tahun untuk bisa mengajukan pendanaan rumah.

Punya NPWP dan SPT

Syarat kepemilikan rumah subsidi berikutnya adalah pemohon harus mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan memiliki Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak. Hal ini akan memudahkan proses pengurusan berkas pengajuan KPR bersubsidi.

Cara Mengajukan KPR Rumah Subsidi

Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, selanjutnya adalah menyiapkan dokumen persyaratan. Ada beberapa berkas yang harus disiapkan untuk mengajukan KPR rumah subsidi, yaitu:

Mengisi Formulir Pengajuan

Langkah pertama untuk mengajukan KPR adalah mengisi formulir pengajuan yang dilengkapi dengan foto terbaru pemohon dan pasangan.

Menyiapkan Salinan Kartu Identitas

Dokumen lain yang perlu Anda siapkan adalah salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan surat nikah.

Menyiapkan Berkas Slip Gaji Terakhir

Dokumen lain yang tidak kalah penting untuk memudahkan diterimanya pengajuan KPR subsidi adalah slip gaji terakhir. Jika tidak memiliki slip gaji, bisa diganti dengan surat keterangan penghasilan.

Menyiapkan Salinan NPWP

Siapkan juga salinan kartu NPWP. Hal ini akan membantu mempermudah pengurusan pengajuan KPR

Menyiapkan Berkas Permohonan bagi Pemohon Wiraswasta

Bagi pemohon wiraswasta harap menyiapkan berkas Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan surat keterangan domisili. Selain itu lampirkan juga salinan laporan keuangan selama 3 bulan terakhir.

Menyiapkan Berkas Permohonan bagi Pemohon Profesional

Bagi pemohon yang bekerja sebagai professional, seperti perawat, dokter, bidan, apoteker dan profesional lainnya, harap menyiapkan salinan surat ijin praktik untuk kelengkapan berkas pengajuan.

Tips Memilih dan Membeli Rumah Bersubsidi

Saat ini, penawaran rumah subsidi cukup banyak. Oleh karena itu, Anda perlu mencermatinya dengan teliti agar mendapatkan rumah subsidi yang bagus dan berkualitas. Berikut tips memilih rumah bersubsidi.

Cermati Rumah Contoh

Sebelum Anda memutuskan membeli sebuah rumah subsidi, sebaiknya Anda melihat secara cermat terlebih dahulu rumah contoh yang disediakan oleh developer. Dari rumah contoh tersebut, Anda akan mendapatkan gambaran tentang desain dan kualitas bangunan rumah subsidi yang Anda minati.

Amati Spesifikasi Material Bangunan

Dalam penawaran perumahan, developer biasanya sudah menyertakan spesifikasi material bangunan yang digunakan. Tanyakan secara jelas tentang material bangunan ini karena sangat berpengaruh pada kualitas dan kekuatan bangunan.

Cari Tahu Rekam Jejak Developer

Hal yang tidak kalah penting dalam membeli rumah subsidi adalah melihat rekam jejak developer. Hal ini penting karena tidak sedikit rumah subsidi yang dibangun asal-asalan oleh developer yang kurang bertanggung jawab. Namun, ada juga rumah subsidi yang dibangun dengan bagus oleh pengembang yang kredibel.

Perhatikan Lokasi

Lokasi perumahan bersubsidi juga harus Anda perhitungkan dengan baik. Kemudahan akses ke berbagai tempat dan fasilitas umum serta keamanan wilayah sekitar perumahan merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Cermati Metode Pembayaran yang Tersedia

Tanyakan pada pengembang perumahan skema pembayaran yang tersedia. Sebagian besar rumah subsidi dibeli dengan kredit FLPP dari pemerintah. Namun, ada juga yang membeli secara tunai dengan sistem tenor kepada developer.

Demikian tips membeli rumah subsidi lengkap dengan persyaratannya. Semoga bermanfaat.

Share this
Tags

Must-read

Simak Keuntungan dan Kerugian Investasi Rumah Sewa

Bisnis rumah sewa merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Simak keuntungan dan kerugian investasi sewa rumah secara lengkap di sini!

5 Situs Jual Beli Rumah Terbaik dan Tepercaya di Indonesia

Kini jual beli rumah kian mudah dan praktis. Ada beragam situs jual beli rumah terbaik dan tepercaya di Indonesia yang memudahkan Anda jual beli rumah.

Cara Mudah Menghitung Biaya Bangun Rumah secara Akurat

Ingin membangun rumah impian? Bingung menyiapkan berapa dananya? Yuk, simak cara mudah menghitung biaya bangun rumah secara akurat dan mudah.
spot_img

Recent articles

More like this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here